Sabtu, 04 Oktober 2014

MENULIS ITU MUDAH



Judul ini adalah kesimpulan dari sebuah buku yang pernah saya baca lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Judul dan pengarangnya saya lupa. Uraiannya enak dibaca dan mudah dimengerti. Selesai membaca saya paham apa yang harus dilakukan oleh seorang yang ingin menjadi penulis. Saya dapat membayangkan, bahwa menulis itu mudah.
Seperti belajar naik sepeda, tentu harus mencoba naik sepeda. Belajar berenang juga harus mencoba berenang. Untuk belajar menulis, saya pun harus mencoba untuk menulis.
Setelah saya mencoba menulis sesuai dengan arahan buku itu ternyata tidak mudah. Banyak kesulitan yang saya rasakan. Pertama kesulitan untuk mulai menulis. Selanjutnya kesulitan memilih ide yang akan ditulis. Kesulitan mengembangkan ide tadi. Kesulitan merangkai kata menjadi kalimat. Merangkai kalimat menjadi paragraph. Dan masih berderet-deret kesulitan lagi.
         Bagaimanapun sulitnya, saya tetap akan mencoba menulis. Saya percaya, ada orang yang bisa menulis, saya pun insyaallah juga bisa menulis.
         Ya Allah izinkanlah hamba Mu bisa menulis, supaya bisa berbagi lewat tulisan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar